XEON RC, Yamaha Mengebrak [ Lagi ]

11:31 PM


Halo sahabat nusantara,
 

Ada berita gembira ni, mengawali tahun 2013 ini, Yamaha membuat gebrakan bertempat di kantor pusat Pulo Gadung, Jakarta Timur, tanggal 9/1/2013. Yamaha resmi merilis tiga model sekaligus, yakni Xeon RC, Soul GT dan Jupiter MX. Dari ketiga model tersebut, tampaknya Xeon RC menjadi point interest tersendiri, baik dari segi tampilan dan mesin yang sudah injeksi.
 

Dengan tagline 'Keren, Cepat, Canggih', matik injeksi ketiga Yamaha setelah Mio J dan Soul GT ini memiliki desain body sporty dan agresif. Terinspirasi pesawat tempur F117 Nighthawk yang tampak jelas pada cover desainnya yang aerodinamik. Serta desain lampu belakang dengan konsep After Burner Jet Tail Lamp. Lampunya sudah Automatic Headlight On (AHO).
 

Semakin Tak Tertandingi, slogan Yamaha yang semakin nyata di depan mata. Yamaha Xeon RC menjadi salah satu pembuktiannya, Sebuah Matik Injeksi dengan desain body sporty dan agresif . Apa dan bagaimana spesifikasi, fitur dan teknologi yang disematkan di motor ini, simak bahasannya lebih lanjut… 



SPESIFIKASI
Yamaha Xeon RC. RC sendiri berarti Racing Champion, untuk mempertegas Xeon sebagai matik racing berteknologi balap dengan DiASil Cylinder dan Forged Piston. Dengan penyempurnaan teknologi mesin 125 cc berpendingin cairan dan penambahan YMJET-FI menaikkan tenaganya menjadi 11,4 hp dan torsi meningkat jadi 10,4 Nm. Perubahan ini menghasilkan akselerasi yang lebih spontan namun lebih irit sekitar 20 persen.
 

Berikut spesifikasi lengkap dari Yamaha XEON RC :
Dimensi / Dimension
PxLxT : 1855 mm x 700 mm x 1070 mm
Jarak sumbu roda : 1265 mm
Jarak terendah ke tanah : 135 mm
Tinggi tempat duduk : 760 mm
Berat isi : 101 kg
Kapasitas tangki bensin : 3,8 Liter
 

Rangka
Tipe rangka : Underbone
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : Unit swing, suspensi tunggal
Ban depan : 70/90-14M/C 34P
Ban belakang : 90/80-14M/C 49P
Rem depan : Cakram
Rem belakang : Tromol
 

Kelistrikan
Sistem pengapian : TCI (Transistor control Ignition)
Battery : YTZ5S
Tipe Busi : NGK/CR7E
 

Mesin / Engine
Tipe mesin : 4 Langkah, 2 valve SOHC, dengan berpendingin cairan
Jumlah/Posisi silinder : Cylinder Tunggal
Volume silinder : 124,86 cm3
Diameter x langkah : 52,4 x 57,9 mm
Perbandingan kompresi : 10,94 : 1
Daya maksimum : 11,4 PS (8,4 kW) / 9000 rpm
Torsi maksimum : 10,4 N.m (1.06 Kgf.m) / 6500 rpm
Sistem starter : Electric starter dan kick starter
Sistem pelumasan : Basah
Kapasitas Oli Mesin : Total : 0.90 Liter/Perwatan berkala : 0.80 Liter
Sistem bahan bakar : Fuel Injection System (YMJET-FI)
Tipe kopling : Kering, kopling sentrifugal
Tipe transmisi : V-belt otomatis
Pola pengoperasian transmisi : Otomatis

FITUR & TEKNOLOGI
Yamaha Xeon RC dilengkapi fitur & teknologi canggih, apa saja fitur barunya berikut detailnya;
 



1. Aerodinamic Cover Design: Desain yang aerodinamis terinspirasi dari pesawat tempur tipe F117-Nighthawk dengan sistem Auto head - light on, membuat New Xeon RC terlihat sporty & jantan. 2. Large Capacity Luggage: Kapasitas bagasi yang luas sehingga mampu menampung helm dan barang-barang lainnya.
3. Smart Lock System : adalah sistem pengereman otomatis dan praktis pada bagian kiri dimana mode ini dapat memudahkan pengendara dalam mengerem pada saat menanjak atau menurun dengan aman dan nyaman.
4. After-Burner Jet Tail Lamp: Lagi-lagi terinspirasi dengan desain pesawat tempur tipe F117-Nighthawk. Desain lampu belakang terlihat smokey dan terlihat terang ketika menyala. Bentuk stoplamp juga lebih sporty dengan bentuk meruncing.
5. Sporty Striping & Dynanic Color: Ini salah satu keunggulan Yamaha. Mampu membuat striping yang sporty dengan pilihan warna yang dinamis.
6. Integrated Key Shutter: Fitur keamanan yang bisa menutup kunci kontak sehingga lebih aman. Fitur ini juga bisa digunakan untuk membuka bagasi.
7. Muscular and Sporty Muffler: Desain sporty muffler dan lebih berotot mencopot dari yamaha T-Max yang mampu mendongkrak performa motor.
8. Diasil Cylinder and Forged Piston: Ini adalah andalan Yamaha dalam urusan mesin memakai blok silinder diasiil dan forged piston yang ringan namun kuat. Mampu meredam friction pada mesin dan tentu lebih awet.
9. Sporty Casting Wheel & Colored Pin Stripe: Velg terlihat sporty dengan palang lima dibalur denganwarna yang serasi dengan warna sepeda motornya.
10. Smart Stand Switch: Ketika motor berhenti kita bisa mematikan mesin hanya dengan menyetandarkan sepeda motor. Fitur ini juga sebagai pengingat ketika lupa mengembalikan tuas standart motor. Jadi motor tidak bisa distarter bila motor masih distandartkan. 


PILIHAN WARNA
Yamaha Xeon RC di pasarkan dengan 5 varian warna keren, diantaranya Victorious Red (merah - putih), Regal Purple (ungu - putih), Dazzling Black (hitam - kuning), Cosmic White (putih - oranye) dan Thunder Bolt Blue (biru - putih).
Berikut penampakannya: 


HARGA HEMAT
Yamaha Xeon RC dibanderol Rp15,1 juta on the road Jakarta, lebih murah dari versi karburatornya (Rp16,05 juta). Menariknya, dengan mesin dan tampilan baru yang dinamis, justru harga Xeon RC terbaru lebih murah dari model sebelumnya.
 

Jadi tunggu apalagi, bila anda berencana membeli motor, pastikan Yamaha Xeon RC menjadi pilihan utama anda. Masih ragu,berikut pendapat Jorge Lorenzo, Juara Moto GP 2012 saat mecicipi berkendara dengan Yamaha Xeon RC, “ada saat saya ingin menikmati perjalanan dengan santai dan nyaman,tetapi ada saat saya butuh performa hebat. Hanya New Xeon RC yang dapat memberikan keduanya. New Xeon RC, Everything I need”. 




Sumber:

http://www.yamaha-motor.co.id/xeon-rc
http://otomotif.kompas.com/read/2013/01/09/6094/Sudah.Injeksi.Harga.Xeon.RC.Lebih.Murah.Rp1.Juta
www.otosia.com/berita/xeon-rc-injeksi-2013-lebih-murah.html
http://meticmagic.blogspot.com/2013/01/fitur-baru-unggulan-yamaha-xeon-rc.html#ixzz2NfnefVWf 

You Might Also Like

1 komentar

  1. Mantep ya yamaha new xeon rc.
    informasinya lengkap sekali..
    GOOD LUCK :-)
    saya juga pernah merasakan langsung kecanggihan new xeon rc
    http://farichatuljannah.blogspot.com/2013/03/semua-yang-saya-butuhkan-ada-di-yamaha.html
    silahkan mampir :-)

    ReplyDelete